Minggu, 05 Juli 2009

Institut Pemikiran ISLAM dan Pembangunan INSAN

Institut Pemikiran ISLAM dan Pembangunan INSAN (PIMPIN)
Institute of islamic thought and HUMAN development (IITHD)

LATAR BELAKANG

Umat Islam Indonesia kini berada di persimpangan: setelah lebih 60 tahun mengecapi kemerdekaan, bangsa ini masih dicengkam kemunduran dan kebobrokan dalam hampir semua aspek kehidupan. Akankah dekade-dekade yang mendatang menyaksikan bangsa ini terus dihimpit kerusakan dan kebobrokan? Jelas bahawa kerusakan yang tidak terhingga ini mencerminkan betapa serius dan kompleksnya masalah yang dihadapi. Rata-rata para cendekiawan yang prihatin sepakat bahwa bangsa Indonesia harus diselamatkan, sebelum ia jatuh menjadi bangsa dan negara yang gagal. Melalui bimbingan Qur’ani, Kami menyadari bahwa menyelamatkan dan membangun kembali bangsa ini perlu bermula dengan gerakan pencerahan dan keilmuan yang intensif dan dipelopori oleh golongan ilmuwan otoritatif untuk memberikan kesadaran di mana dan bagaimana perbaikan (islah) hakiki dan komprehensif dalam tubuh umat dapat dilakukan. Melihat kepada sejarah peradaban besar dunia, Yunani, Islam dan Barat, gerakan pencerahan dan keilmuan yang intensif inilah yang mampu menjadi wahana perubahan dan kebangkitan (nahdah) atau ranaissans umat Islam di zaman ini.

PIMPIN adalah satu wadah yang berusaha menghimpunkan para ilmuwan untuk mengemban misi nabawi yaitu misi tahriri-tanwiri-islahi (pembebasan, pencerahan dan perbaikan). PIMPIN berhasrat menggabungkan kekuatan para ilmuwan, dari berbagai bidang kepakaran, yang memiliki kerangka pemikiran dan worldview Islam yang jelas dan kukuh untuk menyumbang dan mencorakkan pembinaan negara dan bangsa yang mandiri dan unggul. Oleh itu, wacana yang ingin dikembangkan oleh PIMPIN walaupun bertitik tolak dari hal yang bersifat teoritis tetapi akan dikaitkan secara langsung dengan isu-isu pembangunan dan pemberdayaan umat Islam, di Indonesia khususnya dan di seluruh dunia umumnya.

PIMPIN terbuka kepada semua kalangan yang berkongsi misi dan visi dengan Institut ini. Misi PIMPIN adalah: menjadi agen pencerdasan masyarakat melalui penyebaran ilmu dan pencerahan. Adapun visinya adalah: Pemerkasaan dan pemberdayaan ummah untuk merealisasikan renaissans Islam.

2. TUJUAN
Tujuan PIMPIN didirikan adalah untuk:
Menghimpunkan ilmuwan yang serius memikirkan solusi dan jawaban terhadap berbagai polemik, isu dan persoalan yang menghimpit umat Islam di Indonesia khususnya dan di seluruh dunia umumnya.
Memberikan pencerahan dan penerangan terhadap berbagai tantangan yang dihadapi oleh umat Islam.
Menanggapi secara kritis, ilmiah dan perbandingan kekeliruan dan salah paham terhadap Islam dan peranannya dalam kehidupan manusia.
Melahirkan barisan ilmuwan dan pemikir muda.
Menjadi wahana kebangkitan umat Islam Indonesia.

3. Aktivitas/ Program
Di antara aktivitas yang akan dikendalikan oleh PIMPIN adalah:
Menyelenggarakan seminar, workshop/bengkel, kursus, bedah buku, latihan dsb untuk warga pendidik dan mahasiswa.
Menerbitkan makalah, jurnal, buku, buletin dan majalah.
Menganjurkan diskusi bulanan dengan mahasiswa dan masyarakat setempat.
Membuat kerjasama dengan majalah/koran lokal.
Membuat situs web (Insititut Pemikiran Islam dan Pembangunan Insan)

Sumber Keuangan
Untuk melancarkan kegiatan PIMPIN sebuah yayasan didirikan, Yayasan Bina Umat, untuk menerima dan mengurus sumbangan dan wakaf para muhsinin. Dana operasi akan diwujudkan daripada perusahaan yang berbasis penerbitan buku dan toko. Di samping itu setiap ahli dihimbau memberi infaq perbulan.

Perancangan Penerbitan (2009-2010).
Menerbitkan buku: Islam dalam Sejarah dan Kebudayaan Melayu, Atas Nama Kebenaran; Masa Depan Islam; Budaya Ilmu; Pembangunan di Malaysia; Perubahan Sosial (al-Taghayyur al-Ijtima’i).
Menterjemahkan buku: Islam and Secularism, al-Taghayyur al-Ijtima’i dll.

Perasmian PIMPIN
Pelancaran PIMPIN direncanakan akan dilakukan pada 18 Desember 2009/ 1 Muharram 1431.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar